Cara Agar Blog Cepat Terindex Search Engine

Blogging | Kumpulan Tutorial, Tips Trik, SEO, Cara Agar Blog Cepat Terindex Search Engine

Bagaimana? Sudahkah membuat sebuah artikel untuk blog sobat? Jika sudah, selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana sih caranya supaya blog atau artikel kita cepat terindex oleh search engine ( Google, Yahoo, Bing) ?

Cara Agar Blog Cepat Terindex Search Engine 
Sebenarnya, untuk membuat blog kita terindex oleh search engine, kita tidak perlu bersusah payah. Karena otomatis, ketika blog kita didaftarkan pada search engine, blog kita pun akan terindex. Pertanyaannya adalah, seberapa lama?

Inilah yang menjadi persoalan. Jika kita menunggu search engine untuk mengindex blog kita, itu akan memakan waktu yang lama. Maka, disinilah pentingnya SEO atau Search Engine Optimization. 

Oke, Cekidot pembahasannya dari Bloggerkahot dibawah ini.


Submit Blog ke Search Engine

Dengan submit blog anda ke search engine, ini memberitahukan SE bahwa ada blog baru di blogosphere (sebutan untuk dunia blogging). Sobat semua tidak perlu repot-repot untuk melakukan ini. Ada sebuah website dengan nama Free Web Submission. Website ini memberi kemudahan kepada kita untuk Submit Blog/Website kita ke banyak SE. Sobat hanya perlu memasukan judul blog, alamat URL dan juga email sobat. Dibawah ini saya sertakan beberapa situs web submission :
  • http://www.freewebsubmission.com/
  • http://www.entireweb.com/free_submission/
  • http://www.submitexpress.com/free-submission.html
  • http://www.google.com/submityourcontent/website-owner/ (Submit Artikel)
  • http://www.official.my/addurl.php
  • http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url
  • http://search.yahoo.com/info/submit.html
  • http://www.submitstart.com/


Submit Sitemap ke Search Engine

Sitemap adalah daftar isi konten dari blog sobat yang berupa xml. Sedangkan xml itu sendiri adalah bahasa pemrograman yang dimengerti oleh search engine. Sitemap blog berbagai platform biasanya berbeda-beda. Seperti platform wordpress dimana sitemap harus digenerate melalui plugin. Namun untuk platform Blogspot/Blogger, sitemap biasanya sudah terintegrasi, dibawah ini xml dari sitemap blogger. Sobat hanya tinggal mengganti tulisan 'alamatblogsobat' dan memasukan url tersebut ke dalam situs sitemap submission.
  • http://alamatblogsobat.blogspot.com/sitemap.xml
  • http://alamatblogsobat.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • http://alamatblogsobat.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated
Silahkan submit sitemap blog sobat ke Google Webmaster Tool untuk Google, dan Bing Webmaster Tool untuk Bing/Yahoo.


Social Bookmarking Dofollow Trik

Social Bookmarking merupakan teknik SEO On Page yang seringkali dilakukan untuk meningkatkan reputasi blog mereka. Social bookmarking berarti sobat semua membagikan artikel sobat ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan media sosial lainnya. Dengan membagikan url artikel sobat di media sosial tersebut, otomatis sobat akan mendapatkan backlink dari situs-situs tersebut. Sekedar pengetahuan saja, situs media sosial mempunyai pagerank yang tinggi-tinggi. Itulah sebabnya mengapa teknik ini begitu penting. Karena, semakin banyak backlink dari situs-situs yang mempunyai pagerank tinggi, maka reputasi blog sobat di mata search engine juga semakin bagus.


Internal Linking Dalam Halaman Blog

Internal linking juga tidak kalah pentingnya. Cara melakukannya cukup mudah. Sobat hanya tinggal memasang link artikel sebelumnya dalam artikel baru di blog sobat berupa anchor text. [Baca : Pengertian Anchor Text dan Teknik Menggunakannya]
Link Building
Selain untuk mencari backlink, internal linking juga dimaksudkan agar search engine mengenal secara keseluruhan konten blog sobat karena antara satu artikel dengan artikel lainnya berkaitan berkat internal linking tersebut.


Ping Blog Untuk Memanggil Search Engine Spider

Ping adalah suatu teknik untuk memberitahu search engine bahwa ada artikel baru di suatu blog. Metode ini kerap digunakan untuk mempercepat index search engine terhadap artikel yang baru saja dibuat.

Ada banyak situs yang menyediakan fitur Ping ini secara gratis. Dibawah ini beberapa situs Ping yang selalu Bloggerkahot gunakan :
box
  • http://www.totalping.com/
  • http://pingomatic.com/
  • http://googleping.com/
  • http://www.pingmyurl.com/


Update Konten Secara Teratur dan Konsisten

Dan inilah yang terpenting dari semua teknik diatas. Selalu sempatkan waktu sobat untuk memperbarui atau menambah konten dari blog sobat. Teknik diatas tidak akan bekerja maksimal tanpa adanya konten dari sebuah blog. Karena, jika konten dalam blog sobat sudah basi, maka search engine akan meninggalkan blog sobat dan tidak akan secara teratur mengunjungi dan mnegindex blog sobat.

Hal ini berbeda jika blog sobat sering update artikel baru. Maka search engine juga akan rajin mengunjungi blog dan mengindex artikel baru sobat. Ibaratkanlah blog sobat sebuah toko baju. Jika baju didalam toko tersebut hanya yang itu-itu saja, tidak pernah di update, maka lambat laun, pelanggan sobat akan kabur dan mencari toko lain. 

Maka, siap untuk menciptakan blog yang berkualitas? Ikutilah teknik-teknik diatas dan jangan lupa, Update lah selalu blog sobat dengan konten-konten baru dan berkualitas!

Happy Blogging dan Salam Kahot!

NB : Jika ada hal yang perlu didiskusikan atau tanggapan mengenai artikel diatas, silahkan gunakan kolom komentar dibawah. Gratis Kok! ^^

0 Response to "Cara Agar Blog Cepat Terindex Search Engine"

Post a Comment