Mindset Blogging, Youtubing dan Internet Marketing

Ini adalah artikel pertama saya di Blufferbox. Maka, sebelum membahas lebih jauh tentang Blogspot/Blogging, Youtube, dan Internet Marketing, alangkah lebih baik jika kita menyamakan persepsi dan mindset tentang ketiga hal tersebut terlebih dahulu. So, ready for the first post? Here we go.

Apa yang sobat semua fikirkan ketika memutuskan untuk terjun kedalam dunia internet semisal blogging, menjadi mitra youtube, ataupun membuka toko online?

Dollar!

Mindset Blogging, Youtubing dan Internet Marketing


Ya. Tidak bisa kita pungkiri bahwa niat pertama dan utama terjun kedalam dunia tersebut adalah untuk mendulang dollar sebanyak-banyaknya. Entah informasi dari mana, entah tahu darimana, kebanyakan dari kita justru mudah tergiur dengan hal-hal yang mudah untuk dilakukan namun menghasilkan uang yang berlimpah ruah! Blogging misalnya. Banyak di mbah google sana blog yang memuat tentang kisah-kisah sukses para blogger baik lokal maupun internasional. Dan rata-rata, kisah kehidupan mereka sebelumnya sangatlah memperihatinkan (maaf bukan bermaksud untuk melecehkan).

Lihatlah seorang Anne Ahira, jika sobat semua baca kisah hidupnya, pasti akan sedih mendengarnya. Namun coba lihat sekarang, Anne pernah berkata jika penghasilannya dari dunia internet bisa dipakai untuk memberangkatkan haji kedua orang tuanya seminggu sekali!

Lantas, apa yang ada difikiran kita setelah membaca puluhan kisah orang-orang yang sukses dari internet? Ingin mencobanya dengan alasan, mereka juga yang asalnya tidak tahu internet dan komputer bisa sukses. Apalagi saya yang tahu internet dari dulu dan bisa mengoprasikan komputer sedari smp? Mudahlah, tinggal menulis artikel, maka dollar akan mengalir!

Kenyataanya? Tidak semudah itu!

Banyak para pemula khususnya yang terjun kedalam dunia blogging, merasa putus asa dan kecewa dalam bulan kedua ataupun ketiga. Alasannya cukup simple dan mudah ditebak, alih-alih dapat dollar dari internet, yang ada justru tekor melulu karena harus membeli pulsa modem ataupun membayar tagihan speedy. Belum lagi waktu yang dikorbankan untuk menulis artikel. Yang mengemuka kemudian adalah : Ternyata dollar dari ngeblog itu BOHONG!

Pernah 1 tahun kebelakang, seorang teman dekat saya meminta saya untuk mengajarinya membuat dan menghasilkan dollar dari blog. Lantas saya tanya, motivasi terbesarnya apa?

Uang!

Itulah jawaban dari teman saya. Maka saya beri dia penjelasan panjang lebar bahwa menghasilkan uang dari blog itu bla bla bla dan bla. Panjang lebar saya jelaskan kepadanya. Namun tetap saja dia ingin terjun kedalam dunia blogging walaupun saya sudah jelaskan bahwa butuh setidaknya 6 bulan untuk membangun blog yang bisa menghasilkan dollar dan bahkan bisa lebih dari itu.

Akhirnya, saya mengajarinya. Minggu pertama memang ia begitu rajin memposting artikel di blognya. Minggu berganti bulan, ia masih bisa memposting artikel walau tidak sesering pada minggu-minggu pertama. Saat itu saya mengajaknya untuk kopdar bersama blogger lain di daerah saya, namun dengan berbagai alasan ia menolaknya. Malu lah, ini lah, itu lah. Yo wis, akhirnya saya selalu pergi saja sendiri.

Puncaknya terjadi pada minggu ke 9. Kebetulan saat itu saya gajian dari salah satu channel youtube saya. Maka saya ajak teman saya tersebut untuk makan-makan. Namun ketika sedang menyantap makanan, ia berkata sesuatu hal yang seharusnya tidak ia katakan pada saya saat itu.

“Dit, bagi-bagi ilmunya dong. Masa udah 2 bulan blog saya belum menghasilkan sepeserpun?Lah kamu? Dapet lagi dapet lagi. Saya kursus lah, saya bayar kamu tiap bulan!”

Seketika saya terhenyak dengan perkataanya. Bukan karena tidak mau mengajarinya, namun perkataanya yang menyebutkan mau membayar saya! Padahal, apa yang saya lakukan pada blog saya sehingga bisa menghasilkan dollar, saya berikan ilmunya kepadanya. Ini bukan masalah teknik, tapi masalah mindset dan kesabaran. Saya pun membutuhkan waktu 1 tahun lebih untuk membangun blog, lah ini baru 2 bulan sudah mengeluh. Sudahlah berhenti saja!

Saat itu, terjadi percekcokan antara kami. Saya jelaskan panjang lebar tentang hal tersebut mulai dari mindset, motivasi, hingga kesebaran yang dibutuhkan untuk membuat blog yang menghasilkan dollar. Akhirnya ia sadar bahwa ternyata menghasilkan uang dari blog itu tidak semudah membalikan telapak tangan.

Ya. Semuanya kembali kepada diri kita masing-masing. Karena pada hakikatnya, blogging atau ngeblog bertujuan untuk saling berbagi informasi, bukan untuk menghasilkan dollar!

Jika sobat semua ngeblog untuk menghasilkan dollar, maka bersiap-siaplah untuk kecewa dan menyesal suatu hari nanti.Karena, jika difikiran sobat hanya dollar, dollar dan dollar, maka apapun yang sobat lakukan adalah demi dollar. Kesananya, sobat akan menghalalkan segala cara (melanggar tos, klik illegal, bot traffic) untuk mendapatkan dollar tersebut.

Namun jika sobat semua blogging atau ngeblog dengan tujuan untuk berbagi informasi, menjalin silaturahmi, membangun personal branding, maka percayalah dollar akan mengikuti sobat semua. Karena jika sesuatu sudah dilandasi niatan yang baik, maka hasilnya akan baik pula.

So, it’s all about our mindset!

Ingin sukses di dunia internet? Saran saya, ubahlah mindset sobat semua. Jangan money-oriented. Tapi sharing-oriented! Because sharing is beautiful. And everyone love it.

Happy blogging dan Salam Bluffer!

Bluffer Note : Jika ada hal yang perlu dididkusikan atau sobat semua ingin memberikan masukan terhadap artikel  Mindset Blogging, Youtube dan Internet Marketing, Silahkan gunakan kolom komentar dibawah ini. Gratis kok. Hehe

0 Response to "Mindset Blogging, Youtubing dan Internet Marketing"

Post a Comment